Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Selamat datang dan salam kenal. Di sini adalah tempat kita saling berbagi, tukar informasi maupun cerita untuk suatu kebaikan. Semoga dapat memberi manfaat.

Kamis, 11 November 2010

Mencegah Diabetes dengan Mengkonsumsi Teh dan Kopi Secara Teratur

Bagi anda yang penggemar Kopi dan Teh bisa bernafas lega, karena ternyata memiliki resiko yang lebih rendah terkena diabetes tipe 2, yaitu diabetes yang tidak tergantung pada insulin dan merupakan diabetes yang lebih umum. Archives of internal Medicine, jurnal medis dua bulanan yang diterbitkan oleh Asosiasi Medis Amerika Serikat seperti yang dilansir dari BBC, menyatakan bahwa, khasiat kopi dan teh bukan dari kafein yang berasal dari kopi yang dapat melindungi tubuh, hal ini dibuktikan dengan kopi yang tidak mengandung kafein memiliki efek yang terbaik untuk menangkal diabetes.
Dari 500 ribu orang berdasarkan kesimpulan dari 18 hasil penelitian menunjukan bahwa, dengan 3-4 gelas teh atau kopi perhari dapat menurunkan resiko diabetes sampai 20% atau lebih.Tetapi jika yang diminum kopi yang non kafein, maka efeknya akan lebih baik lagi, yakni bisa lebih dari 30%.Para peneliti mempercayai, dengan teh dan kopi yang mengandung zat aktif akan membuka jalan baru untuk menangkal diabetes melitus.
Dr.Rachel Huxley, Kepala Peneliti dari Universitas Sydney, Australia menyatakan bahwa kopi non kafein mempunyai manfaat yang lebih baik dan bukan dari kafein yang dapat mencegah diabetes, tetapi komponen lainnya seperti magnesium dan antioksidan, yang diketahui sebagai bahan klorogenik yang mampu memperlambat pelepasan glukosa kedalam aliran darah yang ditenggarai sebagai komponen yang aktif untuk menjaga seseorang dari diabetes.
Tetapi seorang ahli diabestes dari Inggris, Dr Victoria King, mempunyai pendapat, bahwa hasil penelitian itu haruslah dipandang secara hati-hati, alasannya, meskipun orang yang minum teh dan kopi relatif lebih rendah resiko terkena diabetesnya. Orang harus melihat juga aktifitas fisik dan diet yang dilakukan orang tersebut. Artinya Diabetes Melitus mempunyai hubungan yang sangat erat sekali dengan pola gaya hidup seseorang, seperti makan makanan yang sehat, tinggi serat, menghindari lemak jenuh dan makanan manis yang berlebihan dan olah raga. Pola hidup sehat yang demikian adalah merupakan suatu langkah utama untuk menghindari diri dari diabetes militus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar